News

Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Blora Mengunjungi Gedung Dewan

Okt 09 2017

RATUSAN SISWA SMP NEGERI 1 BLORA MENGUNJUNGI GEDUNG DEWAN

 

D

engan berseragam pramuka, ratusan siswa-siswi SMP Negeri 1 Blora yang didampingi oleh Kepala Sekolah dan beberapa guru, mendatangi gedung DPRD Kabupaten Blora, Jumat (6/10/2017). Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Blora, Mas Sugiharto, S.Pd, M.M.Pd mengungkapkan bahwa tujuan kedatangan para siswa adalah untuk mengetahui seluk beluk DPRD. “Agar anak-anak diberikan pencerahan dan pemahaman mengenai DPRD”, tuturnya.

Kedatangan mereka disambut oleh Wakil Ketua DPRD, Sri Handayani, SH dan H. Abdullah Aminudin, A.Md. Siswa-siswi itu tampak antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh Sekretaris DPRD, Drs. Pujianto Said, M.Si, yang turut hadir dalam pertemuan yang digelar di Pendopo DPRD tersebut. Penjelasan yang diberikan meliputi fungsi DPRD, hak dan kewajiban anggota DPRD, alat kelengkapan DPRD, hingga bidang tugas dan mitra kerja dari masing-masing Komisi yang ada di DPRD Kabupaten Blora. Tak lupa, para siswa-siswi tersebut mencatatnya dalam buku pelajaran mereka.

Pada kesempatan itu, H. Abdullah Aminudin, A.Md mengajak para siswa untuk praktek langsung menyampikan aspirasinya. “Pasti ada yang pernah merasakan atau melihat hal yang baik maupun yang tidak baik mengenai pemerintahan yang ada, silahkan disampaikan uneg-unegnya”, katanya. Tak ayal, ajakan itu disambut siswa dengan saling berlomba untuk menyampaikan pertanyaan langsung kepada para wakil rakyat.

Gea Mustika, salah satu siswi SMP Negeri 1 Blora menanyakan bagaimana cara para wakil rakyat mengetahui aspirasi dari konstituennya, “Apakah cukup dengan kunjungan kerja saja, sementara menurut aturan yang ada wakil rakyat harus menyatu dengan masyarakat”, ujar siswi kelas IX tersebut.

Menjawab pertanyan kritis tersebut, Sri Handayani menjelaskan bahwa DPRD mempunyai fungsi pengawasan, yakni dengan terjun ke lapangan untuk mendengar langsung keluh kesah dari masyarakat. “Ada waktu tertentu untuk turun ke lapangan menyerap aspirasi dari masyarakat, salah satunya lewat Reses”, jelasnya. Beliau menambahkan aspirasi juga bisa disampaikan melalui wakil rakyat yang terpilih dari masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil).

Sementara itu, Rahma Mulia Putri, siswi kelas IX menanyakan perihal pengobatan dengan fasilitas asuransi dan non asuransi. “Untuk berobat apakah ada perbedaan antara yang pakai asuransi sama yang tidak, kenapa pengobatannya lebih efektif yang tidak pakai asuransi”, tukasnya.

H. Abdullah Aminudin, A.Md yang diberi kesempatan, menjelaskan bahwa pelayanan BPJS dengan non BPJS tentu berbeda dari sisi fasilitas dan jenis obat yang didapatkan. “Namun, dari segi layanan medis tidak boleh beda”, terangnya.

Di penghujung acara, Sri Handayani, SH berpesan agar kegiatan ini bisa menambah wawasan siswa khususnya dibidang pemerintahan, sementara H. Abdullah Aminudin, A.Md berharap diantara siswa kelak ada yang berkesempatan menjadi wakil rakyat yang berintegritas serta dapat memajukan pembangunan di masyarakat.

Sebelum meninggalkan gedung DPRD, para siswa diberi kesempatan untuk berkeliling melihat ruang Komisi, ruang Fraksi, ruang Pimpinan DPRD, ruang rapat DPRD, serta Kantor Sekretariat DPRD. (Tim)

Read 31 times
Rate this item
(0 votes)

About The Author

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.