News

DPRD Kabupaten Blora

RATUSAN PERANGKAT DESA BERAUDIENSI DENGAN DPRD

 

 Ratusan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) melakukan audiensi dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Blora pada hari Selasa, 12 Desember 2017. Tujuan mereka melakukan audiensi yaitu terkait tindak lanjut telah diundangkannya Permendagri Nomor 67 Tahun 2017. Dikarenakan telah terbitnya Permendagri tersebut, maka mereka menuntut agar Perda Kab. Blora Nomor 6 Tahun 2016 tentang Perangkat Desa harus segera dirubah. “Dengan telah diterbitkannya Permendagri Nomor 67 Tahun 2017, maka ketentuan dalam Perda Nomor 6 Tahun 2016 tidak sesuai lagi, dan kami mohon segera direvisi”, ujar Giatno, perwakilan dari PPDI.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD, Bambang Susilo menyatakan setuju dengan usulan tersebut. “Usulan dari teman-teman PPDI terkait ranperda itu sudah diakomodir dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2018. Untuk pembahasan ranperda tersebut diagendakan pada masa sidang pertama Tahun 2018”, jawabnya. Mendengar jawaban Ketua DPRD tersebut, ratusan anggota PPDI sontak riuh bertepuk tangan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Blora, Gunadi berharap dengan tuntutan yang dikabulkan oleh DPRD tersebut, maka harus diimbangi dengan profesionalisme kerja. “Perangkat Desa harus meningkatkan profesionalisme kerjanya, karena sekarang di Desa sudah menggunakan teknologi informasi, jadi tidak boleh lagi ada perangkat desa yang tidak bisa komputer”, pesannya.

Audiensi yang turut dihadiri oleh Bagian Pemdes Setda; Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tersebut berjalan dengan komunikatif, tertib, dan lancar. Acara diakhiri dengan berfoto bersama di halaman Pendopo DPRD Kab. Blora.

 

 

PERSETUJUAN RANPERDA APBD KABUPATEN BLORA TAHUN 2018

 

Ranperda APBD Kabupaten Blora Tahun 2018 disetujui antara Bupati Djoko Nugroho dan Pimpinan DPRD di ruang pertemuan Sekwan, Kamis (30/11/2017).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Blora Ir. H. Bambang Susilo didampingi unsur pimpinan dewan diawali dengan jawaban Bupati Djoko Nugroho atas pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD yang disampaikan oleh juru bicara gabungan fraksi-fraksi Rajiman Santarko, SE, M.Si pada rapat sebelumnya, di hari yang sama.

Pada rapat tersebut Bupati Blora Djoko Nugroho menyampaikan jawaban pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD. “Jalan kita sering di orak-arik PDAM, juga PLN dan Telkomsel. Saya tanya ada kegiatan apa, jawabnya tidak ada kegiatan apa-apa. Ini jalan di kabupaten Blora, kita punya hak untuk menegur,” kata Bupati Djoko Nugroho.

“Kemudian, untuk jalan dari Kradenan menuju Pilang akan di cor semua. Oleh karena itu tidak ada alasan cuaca,” tandas Bupati. “Untuk banjir, Insya Allah Blora aman. Beberapa hari lalu sudah dilakukan apel kesiapsiagaan bencana banjir,” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan jika di Kabupaten Blora ada sekolah alam, pihaknya siap memberikan ijin. Bupati juga menyinggung terkait GTT K-2 yang sedianya akan diangkat untuk ditempatkan ke daerah pinggiran.

Selain itu, persoalan penggunaan dana desa dan pupuk, kata Bupati, sudah terbentuk tim yang bertugas mengawasi. “Untuk pupuk, saya minta DPRD juga ikut mengawasi agar petani tidak dirugikan,” tegasnya.

Usai menyampaikan jawaban, rapat dilanjutkan dengan laporan badan anggaran DPRD yang disampaiakan oleh juru bicaranya Mustopa, SPd.I.

Kemudian, pimpinan rapat meminta persetujuan fraksi-fraksi atas jawaban yang disampaikan Bupati Blora sehingga Ranperda APBD Blora Tahun 2018 dapat disetujui secara aklamasi.

Selanjutnya, dibacakan Berita Acara persetujuan bersama Ranperda APBD Blora 2018 oleh Sekretaris DPRD. Kemudian ditanda tangani oleh Bupati dan pimpinan dewan disaksikan peserta yuang hadir. (Tim)

RAPAT PARIPURNA PEMANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI

DAN RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA PAW ANGGOTA DPRD BLORA

 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna dengan acara Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Rancangan Perda Tentang APBD Kabupaten Blora Tahun Anggaran 2018.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Blora Ir. H. Bambang Susilo di ruang pertemuan setwan, didampingi sejumlah unsur pimpinan dewan setempat, Kamis (30/11). Bupati Blora Djoko Nugroho hadir bersama Forkopimda, Sekda Blora Drs. Bondan Sukarno, Anggota DPRD Blora dan pimpinan OPD.

Pemandangan umum disampaikan gabungan fraksi-fraksi. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian program pembentukan peraturan daerah Tahun 2018 oleh juru bicara, Siti Nur Chanifah. Bupati Blora Djoko Nugroho, menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Blora.

Acara dilanjutkan dengan rapat paripurna istimewa dengan acara pengucapan sumpah/janji pengganti antar waktu anggota DPRD Blora masa keanggotaan 2014 – 2019. Yakni, antara Yulianto, SE digantikan oleh Joko Supratno berdasarakan keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/83 Tahun 2017 tentang peresmian pemberhentian dan peresmian pengangkatan pengganti antar waktu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blora. Pengucapan sumpah/janji dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Blora Ir. H. Bambang Susilo. (Tim).